Ospek atau acara orientasi mahasiswa baru sering dikonotasikan dengan kegiatan yang nyeleneh. Sering kali panitia yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan momen ini untuk merundung mahasiswa baru. Karenanya, kamu harus pintar dan mengerti esensi dari ospek, tujuan ospek lebih daripada ajang berkumpul.

Yuk, baca dan ingat kembali tujuan ospek!

Adaptasi lingkungan kampus

Saat ospek, panitia akan menyajikan informasi perihal kampus. Tujuan ospek salah satunya adalah agar kamu bisa beradaptasi dari remaja menuju orang dewasa yang lebih bertanggung jawab.

Dunia perkuliahan akan sangat berbeda dengan SMA, banyak hal yang akan baru kamu ketahui di sini.

Karenanya, panitia ospek harus membimbing mahasiswa baru mengenal lingkungan kampus, seperti tata letak kelas, gedung fakultas, nama rektor, dan hal penting lainnya.

Baca juga: Mahasiswa Baru Wajib Tau! Ini Dia Ospek yang Akan Kalian Temui!

Pengenalan sistem akademik

Biasanya ketika ospek akan ada seminar kecil, baik tingkat universitas maupun fakultas.

Biasanya panitia ospek akan mengundang beberapa petinggi kampus untuk memberi materi. Dari kegiatan ini, kamu akan mengenal banyak perihal sistem akademik yang ada di kampus.

Kamu akan menyapa istilah yang asing bagimu, seperti SKS, KRS, semester pendek, dan hal lainnya.

Pastikan kamu menyimak baik-baik saat sesi ini, ya!

Melatih mental

Dalam konteks ini, melatih mental sering disalahartikan dengan ajang memarahi mahasiswa baru. Padahal, tanpa memarahi, kamu sebagai panitia bisa mencari cara lain yang lebih efektif.

Misal, memberi tugas di tempat dengan batas waktu yang cukup singkat. Atau memberi materi tentang toxic masculinity dan semacamnya.

Karena mental yang kuat adalah mental yang berani merasakan berbagai macam emosi dan menerimanya sebagai hal yang manusiawi. Bukan malah melarang dengan stereotip yang ada di masyarakat.

Kalau kamu panitia ospek dan budaya perundungan masih melekat di kegiatanmu, segera perbaiki, ya!

Baca juga: Panduan dan Tips Ospek Online 2021, Mahasiswa Baru Merapat!

Melatih kerja sama

Saat kamu ospek nanti, kamu akan bertemu dengan berbagai macam kepribadian. Panitia ospek biasanya akan memberimu tugas kelompok.

Tujuan ospek ini adalah untuk melihat sejauh mana kamu bisa berkompromi dengan banyak kepala yang mempunyai pendapat yang berbeda. Kemampuanmu dalam menyelesaikan masalah bersama juga akan diuji.

Ajang berkenalan

Hal yang paling mengesankan dari ospek adalah ajang berkenalan dengan banyak orang dari berbagai pulau.

Dengan latar belakang yang saling berbeda, kamu akan melihat budaya yang berbeda pula. Kamu akan menemukan sosok yang mungkin kamu pikir menyenangkan, ada pula yang pintar berbicara hingga malu, bahkan kamu bisa menemukan teman sejatimu sepanjang kuliah nanti di sini.

Atau jika beruntung, kamu bisa menemukan seseorang yang memikat hatimu. Cie cie.

Gimana, Sobat Minca? Apa ospek kampusmu berpegang teguh pada esensi ospek yang sebenarnya? Jika ada tindakan yang merugikan, jangan takut untuk melapor, ya! Bersama kita ciptakan kampus yang aman dan sehat!

Baca juga: 6 Tips Menghadapi Culture Shock Bagi Mahasiswa Baru

Jangan lupa untuk follow akun InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu up to date perihal informasi seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan hal menarik lainnya!