Di Indonesia masih banyak stigma-stigma yang diberikan kepada mahasiswa yang berkuliah di kampus swasta, padahal semua itu hanyalah mitos belaka loh. Apa saja sih? Sini Minca kasih tau!

Kuliah di Kampus Swasta = Hedon

mahasiswa swasta hedon
Photo by freestocks

Wah kamu pasti sering banget dong mendengar istilah ini? Orang-orang banyak yang berspekulasi jika mahasiswa yang berkuliah di kampus swasta itu pasti memiliki gaya hidup yang mewah dan cenderung hedon. Hedon sendiri singkatan dari kata hedonisme yang berarti mengutamakan kesenangan dengan cara menghambur-hamburkan uang/boros. Nah sering banget nih, karena di kampus swasta semua dianggap orang hedon. Apalagi kalau di kampus-kampus elit!

Pasti Biayanya Mahal Ya?

Kebanyakan orang tidak mau berkuliah di kampus swasta karena termakan omongan jika kuliah di perguruan tinggi swasta memerlukan banyak uang alias mahal. Memang benar adanya, ada beberapa kampus yang tergolong mahal dan hanya untuk orang-orang tertentu. Tetapi banyak juga kok perguruan tinggi swasta yang biayanya sama dengan perguruan tinggi negeri, atau bahkan lebih murah! Jadi jangan disama ratakan ya! Bahkan sekarang banyak perguruan tinggi negeri yang biayanya jauh lebih mahal dari swasta.

Mahasiswa Kampus Swasta, Kurang Pintar?

mahasiswa swasta hedon
Photo by Jesse Martini

Salah satu stigma yang menyebalkan lainnya adalah pandangan bahwa mahasiswa di kampus swasta adalah mahasiswa kurang pintar yang tidak diterima dimanapun. Wah kalau ada orang yang bilang kaya gini, halal banget ya sobat Minca buat di lakban mulutnya! Karena faktanya banyak mahasiswa yang berkuliah di PTS (Perguruan Tinggi Swasta) itu pintar dan prestasinya bukan main. Sering juga masyarakat mengaitkan jika masuk ke PTS karena gagal dan ditolak oleh PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

Kalah Bersaing di Dunia Kerja?

Nah sering juga kita mendengar jika asal kampus mempengaruhi karir, padahal nggak selamanya seperti itu loh! Banyak juga lulusan dari kampus swasta yang menjadi orang-orang sukses. Bukan bergantung dimana kamu mengenyam pendidikan, tetapi semuanya kembali ke diri kamu sendiri. Kualitas diri kamu lebih menentukan daripada sekedar darimana kamu berasal! Nilai IPK dan asal kampus hanyalah bonus atau nilai plus, bukan syarat atau kriteria utama dalam penilaian. Jadi, jangan patah semangat!

Pasti Mahasiswa Kampus Swasta Kaya Raya Nih!

mahasiswa kampus swasta
Photo by Anastase Maragos

Padahal faktanya banyak juga mahasiswa yang berstatus biasa saja di kampus swasta, tidak semua dari kalangan ekonomi atas. Tidak ada peraturan tertulis kalau masuk kampus swasta harus kaya raya kok! Nyatanya pasti mereka juga pernah stok Indomie buat makan hehe.

Sumber: https://campuspedia.id/news/mitos-jadi-mahasiswa-kampus-swasta-kamu-pernah-alami/