Belajar merupakan proses seumur hidup. Mulai dari balita hingga menjadi lansia, kamu tidak akan berhenti untuk belajar sekalipun sudah lulus dari sekolah. Namun ketika masa sekolah, banyaknya tugas dan materi membuat kita mempertanyaan cara belajar yang menyenangkan. Apakah ada?

Tips belajar menyenangkan sudah banyak di internet, namun tidak semuanya bisa cocok karena tips belajar merupakan hal personal dan terdapat proses penyesuaian, trial and error.

Karenanya, Campuspedia mencoba menyesuaikan kebutuhan anak muda dalam belajar. Berikut kamu bisa mencoba cara belajar yang menyenangkan ala Sherina Munaf!

Siapa sih yang nggak kenal Sherina?

“Dia pikir, dia yang paling hebat!”

Anak kelahiran tahun 2000 pasti tidak asing dengan penggalan lirik di atas. Lirik tersebut adalah salah satu soundtrack dari film yang dibintangi Sherina ketika masih kecil, yang berjudul Petualangan Sherina.

Sherina dikenal dengan perannya di film tersebut yang berani dan berjiwa petualang.

Tak hanya itu, Sherina juga merupakan penyanyi cilik yang karyanya tidak pernah dilupakan hingga sekarang, seperti lagu Petualangan Sherina, Andai Aku Besar Nanti, Kembali Ke Sekolah, Balon Udaraku, dan masih banyak lagi.

Pencapaian Sherina dalam dunia akademik pun sama cemerlangnya dengan karir yang dia miliki. Sherina merupakan lulusan dari British Internasional School dan melanjutkan pendidikannya di University of Sydney.

Dengan pencapaian akademik yang luar biasa, Sherina memiliki cara belajar yang menyenangkan sehingga dia tidak perlu merasa bosan atau lelah dengan studi yang dia jalani. Karenanya, Sherina sendiri menjadi ambasador di sebuah platform edutech Indonesia, lo!

Tips Belajar Menyenangkan Ala Sherina

Daripada berlama-lama lagi, yuk kita bahas tips belajar menyenangkan yang Sherina lakukan! Diaplikasikan, ya!

1. Mulai dari ide besar

Cara belajar yang menyenangkan menurut Sherina adalah memulainya dengan ide yang besar. Ide yang besar yang dimaksud adalah sebuah konsep yang universal dan belum dipahaminya sama sekali, namun mendorong keingintahuan dirinya untuk memahami konsep tersebut dan mengupasnya sedikit demi sedikit.

Sherina menyampaikan ide besar ini menjadi tips belajar andalannya karena ketika anak muda ditemukan dengan sesuatu yang menarik perhatiannya, mereka akan cenderung terus mengejarnya karena rasa penasaran yang besar.

Dalam hal ini, akan memudahkan kamu memahami dasar dari konsep tersebut. Tidak perlu rinci dan mendetail dalam tahap pertama, yang penting kamu memiliki keterarikan untuk belajar. Dengan cara belajar yang menyenangkan ini, kamu tidak akan sulit untuk memahami dan semakin menikmati belajar.

2. Aktif berdiskusi

Diskusi menjadi salah satu cara belajar yang menyenangkan karena tidak pasif dan bisa bertukar pikiran dengan orang lain.

Tips belajar yang satu ini disarankan Sherina karena menurutnya pribadi dengan mendengarkan pendapat orang lain, dia jadi belajar banyak sesuatu yang tidak diketahuinya dan memotivasinya untuk makin rajin untuk belajar.

Kamu bisa berdiskusi tentang hal-hal yang baru kamu ketahui dengan temanmu, meminta pandangan mereka dan  saling bertukar pikiran.

Dengan diskusi kamu tidak hanya mendapat ilmu baru, tapi juga menjadi terbiasa untuk berpikir kritis dan membangun argumen. Tips belajar yang sangat efektif, bukan?

3. Baca sejarahnya

Tips belajar terakhir dari Sherina adalah membaca sejarah dari sebuah konsep.

Setiap teori pasti memiliki seorang pencetus, seperti lampu dari Thomas Alva Edison, atau telepon dari Alexander Graham Bell. Sherina berpendapat bahwa membaca sejarah hidup dari seorang ahli menjadi cara belajar yang meyenangkan.

Karena menurutnya dengan membaca kehidupan sang ahli, dia jadi mengerti bahwa karya yang hebat tidak terjadi dalam semalam saja. Melainkan membutuhkan proses yang panjang, banyak kegagalan, dan investasi yang besar.

Dengan tips belajar ini Sherina merasa semangat dan termotivasi.

Itu dia tips belajar yang menyenangkan ala Sherina. Kamu bisa mencobanya agar proses belajarmu tidak membosankan, ya!