Materi Kuliah Online

Materi Kuliah Online

Mahasiswa Baru, Yuk Kenali Etika Komunikasi Online dengan Dosen

Mahasiswa Baru, Yuk Kenali Etika Komunikasi Online dengan Dosen

SEVIMA.COM – Perkuliahan sudah dimulai, namun mahasiswa belum sepenuhnya mengikuti perkuliahan secara online. Inilah yang biasanya akan menghambat komunikasi antara mahasiswa dan dosen. Apalagi kalau kamu adalah mahasiswa baru di kampus. Semua komunikasi yang kamu lakukan hanya dengan menggunakan media sosial seperti WhatsApp.

Meskipun berkomunikasi melalui media sosial, bukan berarti kamu gak menggunakan etika yang berlaku ya. Kamu wajib menggunakan etika yang benar ketika berkomunikasi dengan dosen.

Biar kamu semakin paham bagaimana cara berkomunikasi secara online dan tidak menimbulkan kesalahpahaman, yuk simak ulasan berikut ini ya.

1. Perkenalkan diri di awal 

Untuk melakukan komunikasi dengan dosen, kamu harus memperkenalkan diri di awal pesan WhatsApp kamu. Setelah memperkenalkan diri, jangan lupa untuk menyampaikan tujuan kamu menghubungi dosen tersebut.

2. Gunakan bahasa yang tepat

Agar lebih mudah dipahami oleh dosen, kamu harus menggunakan bahasa yang tepat dan lugas. Gunakan kata yang tepat agar bahasa yang kamu gunakan bisa dipahami dan dimengerti oleh dosen.

Baca juga: Apa Itu SKS, IP, dan IPK, Calon Mahasiswa Merapat!

3. Pilih waktu mengirim pesan yang tepat

Pemilihan waktu mengirim pesan juga harus diperhatikan lho. Kamu gak boleh sembarangan. Usahakan untuk mengirim pesan dosen di pagi hari. Bisa juga kamu kirim saat jam kerja. Jangan sampai kamu mengirim pesan di malam hari ya. Jadinya kurang sopan lho.

4. Jangan berharap segera dibalas

Dosen tak hanya punya kegiatan mengajar saja. Namun dosen juga punya kegiatan lainnya. Maka dari itu, jangan sampai kamu sangat berharap segera dibalas oleh dosen kamu ya. Tungguin aja deh pokoknya.

5. Jangan spam dosen dengan chat

Kalau gak segera dibalas sama dosen jangan pernah spam ya. Biasanya dosen juga punya agenda lain yang lebih penting.

Namun, jika tidak dibalas berhari-hari kamu bisa menghubunginya kembali dengan kata-kata yang sopan. Kita gak ada yang tahu kan kalau chat kamu ketumpuk dengan chat yang lainnya.

6. Jangan tersinggung jika dibalas dengan singkat

Ketika dosen membalas dengan singkat bukan berarti dosen tidak mau diganggu ya. Dosen biasa membalas singkat karena memang sedang dalam aktivitas yang lain.

7. Sampaikan pesan secara lugas dan singkat sesuai tujuan

Ketika berkomunikasi dengan dosen, kamu gak perlu menyampaikan pesan panjang lebar. Kamu harus to the point ya kalau mengirim pesan kepada dosen.

 

Meskipun mengirim pesan secara online terlihat sepele, namun kamu harus tetap menggunakan etika dan tata krama yang berlaku. Tetap semangat ya guys!

Nah, buat mahasiswa baru yang ingin mendapatkan informasi seputar dunia perkuliahan, kini kamu bisa mengunjungi maukuliah.id. Semua informasi yang kamu butuhkan bakal ketemu di sana lho. Yuk check it out!