SEVIMA.COM – Siapa yang sedang berjibaku mengerjakan skripsi dan meraih toga? Yuk ngumpul, bahas skripsi bareng-bareng. Sebelum memulai skripsi ada baiknya teman-teman menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Memulai skripsi dengan persiapan dapat menghasilkan skripsi yang bagus sehingga mendapatkan nilai yang baik.

Bagaimana tips mengerjakan skripsi agar dapat lulus tepat waktu? Simak penjelasan berikut yang dikutip dari laman Universitas Medan Area.

 

7 Tips Mengerjakan Skripsi agar Bisa Lulus Tepat Waktu

  1. Memilih Topik dan Metode Penelitian
  2. Memilih Dosen yang Sesuai dengan Topik
  3. Mengembangkan Kerangka Penelitian
  4. Mengajukan Proposal Penelitian
  5. Pembimbingan dan Revisi Proposal Penelitian
  6. Penulisan dan Pemantapan Skripsi
  7. Melalui Ujian Akhir

1. Memilih Topik dan Metode Penelitian

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menulis skripsi adalah menentukan topik yang ingin ditulis. Jika mahasiswa telah memiliki topik maka langkah selanjutnya adalah menentukan teori dan metode penelitian. Sehingga penelitian akan menjadi terarah.

2. Memilih Dosen yang Sesuai dengan Topik

Setelah menentukan topik skripsi maka langkah selanjutnya adalah menentukan dosen yang sesuai dengan topik penelitian.

Selain itu juga perhatikan juga apa dosen tersebut ahli dalam metode kualitatif atau kuantitatif. Jika tidak memilih dosen yang sesuai dengan topik penelitian dikhawatirkan akan memperlambat proses pengerjaan skripsi. Untuk mendapat memilih dosen yang tepat bisa dikonsultasikan kepada wali studi, karena wali studi tahu kapasitas dosen yang lain.

3. Mengembangkan Kerangka Penelitian

Langkah selanjutnya dalam pengerjaan skripsi adalah mengembangkan kerangka penelitian. Biasanya setiap universitas memiliki kerangka penelitian yang berbeda dalam menuliskan skripsi.

Untuk itu, teman dapat menggunakan buku panduan yang diterbitkan masing-masing fakultas. Secara umum berikut adalah kerangka penelitian dalam skripsi.

Kerangka Skripsi

– Topik penelitian
– Daftar isi
– Bab 1: Pendahuluan
– Bab 2: Landasan teoritis
– Bab 3 : Metode penelitian
– Bab 4: Pembahasan
– Bab 5: Kesimpulan

 

4. Mengajukan Proposal Penelitian

Sebelum sidang skripsi, tahap yang harus dilalui oleh seorang mahasiswa adalah menuliskan proposal penelitian. Dengan adanya proposal penelitian dapat mengetahui apakah penelitian dapat dilanjutkan atau tidak.

Dalam proposal penelitian biasanya mahasiswa menuliskan bab 1 sampai 3. Bab 4 dan 5 dilanjutkan setelah sidang proposal penelitian.

Dalam pengajuan proposal penelitian, akan ada tahap ujian proposal skripsi nantinya akan diuji oleh 2 dosen penguji. Mereka nantinya akan memberikan masukan untuk penelitian kalian. Ini dapat menjadi bahan penelitian kedepannya.

5. Pembimbingan dan Revisi Proposal Penelitian

Setelah melalui seminar proposal tahap selanjutnya pembimbingan dan mengerjakan revisi. Dalam tahap revisi biasanya juga dibantu oleh dua dosen penguji.

Dalam tahap revisi biasanya terjadi perubahan besar. Hal ini bertujuan untuk memperjelas arah dan maksud penelitian.

6. Penulisan dan Pemantapan Skripsi

Selanjutnya jika telah melalui tahap revisi skripsi yaitu menuliskan skripsi sesuai dengan format yang telah ditentukan masing-masing universitas termasuk warna sampul dan sistem penulisan skripsi.

Langkah-langkah dalam penulisan skripsi dapat dilihat dalam buku pedoman skripsi yang telah diterbitkan oleh masing-masing fakultas.

 

7. Melalui Ujian Akhir

Pada tahap ujian akhir, tipsnya adalah mempersiapkan presentasi sebaik mungkin. Pastikan kalian benar-benar menguasai materi yang ada dalam skripsi.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

– Menguasai judul dan latar belakang skripsi
– Permasalahan dalam skripsi
– Metode yang digunakan
– Hasil temuan dan pembahasan

Nah itu tadi adalah tips mengerjakan skripsi agar dapat lulus tepat waktu. Jadi jangan ditunda-tunda memulai skripsinya ya. Agar cepat lulus, cepat dapat kerja, dapat jodoh eh! Oh iya bagi rekan-rekan yang ingin mendapat tips terkait perkuliahan, atau yang lagi cari kampus atau jurusan yang cocok bisa cek maukuliah.id